Cara Mengganti Seal Pompa Air

Cara Mengganti Seal Pompa Yang Sudah Rusak
Mungkin tulisan yang saya buat ini sedikit aneh tapi inilah yang namaya ilmu harus dibagi-bagi ke teman-teman yang lain agar nantinya bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua baiklah langsung saja disini saya ingi mengulas sedikit masalah tentang bagaimana merawat POMPA AIR DI RUMAH...langsung aja menuju tkp...jika pompa air anda mengalami sedikit masalah misalnya saja tidak dapat menghisap air dan kalupun bisa harus dengan pancingan seperti memasukkan air melalui tutup di atas keong pada pompa dan menutupnya kembali...cara ini mungkin sangat merepotkan sekali terlebih harus melakukan secara berulang-ulang sampai air benar-benar naik:

1.kita akan membuka tutup bagian depat yang berada di keong pompa dengan melepaskkan ke 3 baut ada ke 4 baut yang menutup dengan rapat pompa tersebut dengan menggunakkan kunci 10/8..gunakan kunci T / KUNCI PAS..yang sifatnya tidak merusak kepala baut.

2.setelah baut terlepas maka langkah pertama adalah melepaskan tutup kipas dengan cara memukul bagian tempat baut tadi dengan menggunakan tukul.

3.setelah terlepas langkah selanjutnya adalah melepaskan kipas kuningan yang terpasang dengan cara memukulkanya dengan menggunakan tukul berukuran kecil pikulah dengan memutar agar kipas tidak mengalami kerusakan yang berat.gunakan obeng minus untuk mengungkit kipas tersebut...eittts harus hati-hati ingat obeng minusx harus 2 dan ungkitlah dengan se irama agar posisi kipas kuningan tersebut tidak miring,sambil memukul bagian kipas tadi secara perlahan-lahan sampai kipas mulai terangkat dan lepas dengan sendrinya.

4.setelah kipas terlepas maka akan terlihat bagian as pompa air tersebut.gunakan alat apa saja untuk membuka kip(cincin yang memiliki 2 telinga yang berlubang)sebaiknya gunakan alat khusus untuk membuka kip tersebut,berbentuk seperti gunting namun ujungnya runcing dan fungsinya untuk merengganggkan kip/cincin tersebut.

5.setelah kip terbuka lalu lepas lah seal yang terdapat di dalam as,dengan cara menariknya hingga terlepas,lalu cek bagian per spiral yang besar,apakah per tersebut sudah lemah,jika lemah ganti saja seal beserta pernya,kemudian bawa per yang rusak tadi sebagai contoh agar ukuranya sama anda harus mencocokkan nya jika sama belilah.dan pasang kembali seal seperti semula.

6.jangan lupa untuk menggencangkan ke empat/tiga baut,penutup kipas tersebut agar air tidak merembes keluar pada saat mesin di hidupkkan,jika air merembes keluar maka pompa tidak dapat menghisap air,meskipun seal nya baru.

Demikian tulisan yang saya buat semoga bermanfaat,bagi pembaca,jika ingin bertanya silahkan poskan komentar atau kirim email ke:
saya siap menjawab pertanyaan dari pembaca....sekian dan terima kasih telah mampir di blog saya yang sederhana ini....

Comments

  1. lebih mudah kalo dikasih gambar gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan gak sempet ngasih gambarnya soalx lagi sibuk kuliah dan gak sempat fotoin cara2 nya next time saya coba dengan gambar. trima kasih masukannya gan.

      Delete
  2. Mohon infonya bagaimana cara membuka kipas kuningan pompa air National GA125 jbc. Trims

    ReplyDelete
  3. Siapkn 2 buah obeng minus yg mimiliki lebar yg agak besar, kemudian pasang pada sisi kana dan kiri lalu di ungkit perlahan2 , pasang obenya pada daun kipas yg dkt blongan as,jngan di congkel d kipasx karena akan merusak sirip kipas, ato jika gak ada daun kipasnya bisa dengan memasang 2 buah baut pada 2 buah lubang yg ada di kipas, putar baut secara berirama jng lupa d kasih cairan pelumas pada as as pompanya biar gak seret lagi n mudah mlepas atao masangnya lagi.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhubung skrup perngikat kipasnya udah rusak. bgmn cara ngebukanya ya?searah jarum jam atau kebalikannya agar kipasnya bs diangkat? trims banyak sblumnya

      Delete
    2. itu gak ada skrupnya mas bro, ckup di ungkit aja pake obeng minus di sisi kanan kirinya sampe terangkat, klo pun ada paling cuman kip (besi) pengganjal as aja, klo itunya udah berkarat agak susah di ungkitnya...seperti itu.

      Delete
  4. ok Mas Puput, trims banyak infonya. salam.

    ReplyDelete
  5. iya masbro sama sama semoga membantu

    ReplyDelete
  6. nambahin infonya mas puput..... jika ada alat treker lebih mudah membukanya

    ReplyDelete
  7. iya mas bro, pasti lebih mudah, cuman jarang ada bengkel yg punya treker mini buat ngelepas kipas kuningan pompa air, biasanya treker diguna in buat ngebuka plendes,roda gila atau sesuatu yg besar2 seperti itu terima kasih masukan nya masbro. salam kenal

    ReplyDelete
  8. mas mau nanya ada berapa seal karet d pompa air soal.a ada satu seal karet berbentuk lingkaran tanpa per yang saya tidak tau letak masangnya di mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. seal nya cuman satu gan
      1.seal karet
      2.per besar
      3.per kecil meilingkar
      4.keramik seal (paling bawah)
      karet gelang (tutup kuningan/plastik)

      Delete
  9. mas mau nanya ada berapa seal karet d pompa air soal.a ada satu seal karet berbentuk lingkaran tanpa per yang saya tidak tau letak masangnya di mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu gan, klo yang tanpa per, itu di bagian bawah itu namanya alas keramik

      Delete
  10. Mas mau nanya tenfang pompa ns80. Saya baru beli kok gak bisa langsung dipakai ya. Saya mau nanya tokonya lumayan jauh. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. NS80 jenis pompa yang digerakkan pake mesin diesel klo gak salah, kemungkinan seal nya kuran rapat itu, mohon di periksa kembali.

      Delete
  11. Jika sedikit lengket cukup dg satu obeng min dan bagian kipas yg kita congkel kita pukul di (samping obeng pada bagian kipas yg polos yangan yg siripnya) dg kunci T getaranya mengimbangkan congkelan dan ahirnya keluar udah ter uji sob. Trims ilmu2 semua moga bermanfaat

    ReplyDelete
  12. itu mah terlalu repot mas brow, cara yg mudah, d bagian kipas kuning itu ada 2 lobang bulat, cari baut yg pas dgan lubang tersebut, masukan baut dgn d putar ke arah kanan, jika sudah keras untuk d putar pakelah kunci yg sesuai dgn ukuran baut tsb, putar terus kedua baut dgn bersama'an sampe sikipas kuning terlepas, silahkan mencoba,
    utuk pompa air merek simizu dan national pake baut 10 mm/ 8 mm tergatung besar kecil pompa air tsb,

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga cara tersebut mas, cuman sepengalaman saya, cara trsebut dilakukan apabila sangat sulit untuk melepas, apbila terasa mudah jangan dilakukan karena akan merusak bagian dasar kuningan yang menyebabkan lecet bahkan berlubang pada bagian dalam.

      Delete
  13. Mas, untuk pompa semi jet shimizu 108 bit, kalau mesinnya masih bagus tapi ga keluar air, gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu cuman sealnya aja mas, mohon di cek kembali, kemungkinan sealnya rusak/ per nya patah.

      Delete
  14. Replies
    1. maaf gan sebelumnya saya tidak menyertakan gambar/foto karena saya masih sibuk dengan kuliah saya, nanti jika ada waktu luang saya coba pakai gambar/foto terima kasih masukannya. :)

      Delete
  15. Replies
    1. iya gan terima kasih semoga ilmunya bermanfaat.amiin...

      Delete
  16. Mantap lah, cuman saya masih binggung. Punya saya susah berputar saat awal saya curiga itu seal nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah berputar ada 2 kemungkinan
      1.Capacitor rusak (pecah,retak,bengkak,keluar seperti cairan timah)
      2.Lilitan atau kumparan dalam udah mulai konslet.

      Delete
  17. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  18. gan posisi pasang sealya gmna.mhon bntuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisinya paling bawah (Karet+keramik), seal(spiral/per+tutup besi dengan lubang, kip (pengunci).

      Delete
  19. gan aq pnya wtrpump ns 80.sealnya ga bocor tp ga bsa ngisep. mohon di bantu

    ReplyDelete

Post a Comment