Cara Memperbaiki CATRIDE PRINTER CANON PIXMA IP 2770 Yang Bergaris/Warna Yang Tidak Merata



Assalamualikum wr.wb. wah tanpa terasa liburan di semester ini udah selesai sekarang saatnya masuk kuliah lagi rasanya enggan meninggalkan keluarga tercinta dirumah hiks hiks hiks oke langsung ke topiknya aja ya bro sist. Kali ini saya akan mencoba membantu bro sist sekalian yang memiliki masalah dengan catride printer canon pixma ip 2770 yang mengeluarkan garis saat cetak foto dan kertas biasa. Pengalaman saya karena printer jarang dipake  kira-kira sekitar 2 bulanan alhasil waktu mau cetak foto muncul garis-garis yang sangat banyak dan itu mengganggu sekali karena hasil cetak tak sempurna warnanya pun jadi hancur,di cleaning sampe 5 kali hasilnya pun tetap saja sama, setelah itu di cleaning tingkat dalam hasilnya pun tetap sama saja. saya pun coba searching di google kesana kemari gak menemukan cara yang tepat untuk memperbaikinya dengan baik, kemudian saya inisiatip membongkar sendiri catridenya kemudian dengan hati yang agak takut karena catride kan harganya mahal kalo sudah rusak kan harus beli lagi yang harganya hampir serupa dengan beli printer baru lagi. Saya pun mencoba membersihkan bagian busa dalam, head, kemudian kuningannya. Berikut cara membersihkannya simak baik-baik ya:



ALAT-ALAT YANG DIPERLUKAN:



1.siapkan beberapa wadah yang tak terlalu besar untuk merendam catride,busa,dan tutup catridenya



2.air hangat



3.pisau



4.obeng kecil,/kawat kecil yang runcing untuk mengangkat busa



CARA MENGERJAKANNYA:



1.congkel bagian tutup atas catridenya baik warna/yang catdride hitam congkel perlahan lahan dari ujung head/atas kuningan stelah terbuka sedikit kemudian congkel bagian belakangnya juga sampai kedua sisi terbuka secara bersamaan (jangan pernah takut untuk menyentuh head catride dan kuningannya kalo bro sist penasaran pengen menyentuhnya sentuh aja banyak blog-blog yang menyarankan jangan menyentuhnya tapi saya menyarankan untuk menyentuhnya kalo anda penasaran. Selama menyentuhnya saja tidak masalah asalkan jangan sampai komponentnya tergores dan melukai kabel-kabel yang berukuran mini sentuh gak masalah).



2.congkel busa pada catride warna/catdride hitam dengan menggunakan obeng kecil/kawat yang runcing dengan perlahan-lahan sampai busa terangkat dan terpisah dari catridenya.



3.rendam busanya kedalam air hangat sekitar 1 menit setiap busanya.



4.pencet/tekan busa sampai tinta keluar (gunakan air dingin mengalir untuk menghilangkan tinta yang masih terdapat pada busa.lakukan langkah tersebut ke semua busa catride.



5.rendam tutup catride yang tadi di congkel kedalam ari hangat dan bersihkan sampai benar-benar bersih sampai tak ada lagi tinta yang menempel.



6.rendam catride bak busanya kedalam air hangat dan bersihkan sampai benar-benar bersih dan tak ada lagi tinta yang tersisa(tiuplah sekuat-kuatnya bak busa catride warna pada masing-masing warna sampai pada head keluar tintanya sedikit demi sedikit bilas sampai bersih kemudian sedot bagian bak busanya pada masing-masing warna lihat di filter bagian dalam catridenya masih mengeluarkan tinta atau tidak jika masih lakukan terus sampai benar-benar bersih dan tidak mengeluarkan tinta lagi).



7.setelah busa,tutup catride, dan bak busa catridenya bersih jemur semua bagian-bagian catride tersebut di bawah sinar matahari yang begitu panas, letakkan semua bagian-bagian tersebut dala wada seperti piring bening yang terbuat dari kaca.(jangan plastik).entah percaya atau tidak piring yang terbuat dari kaca bening mampu menghasilkan panas yang merata pada permukaannya dan objek yang ada diatasnya. :D



8.tunggu sampai semua bagian-bagian catride mengering dengan sempurna sekitar 3-4 jam



9.setelah mengering bagian bak busanya catride gunakan tissu kering dan usapkan pada head catridenya lihat apakah masih ada tintanya (biasanya masih tersisa sedikit) lakukan pembersihan dengan menggusapkan tissue sampai tinta benar benar bersih dan tidak mengeluarkan warna lagi.



10.setelah dirasa semuanya benar-benar bersih masukkan semua busa-busa tadi ke masing-masing tempatnya (jangan sampai salah karena akan mengakibatkan percampuran warna pada saat pengisian tinta).



11.anda bisa mengembalikan  tutup catride yang tadi di congkel dengan cara  di lem tapi saran saya tidak usah di lem karena pengisian tinta yang terlalu penuh akan mengakibatkan rembesan pada masing-masing warna dan warna pun tercampur (tapi kalo mau di lem juga tidak masalah asalkan ukuran pengisiannya tidak terlalu banyak) saya sendiri tidak mengelem catdride saya karena memudahkan dalam pengisian tinta dan lebih mudah mengetahui apakah tinta masih ada atau habis.



12.jika anda menggunakan cara no 11 maka anda tak perlu membaca cara no 12,bagi bro sist yang tidak mengelem tutup atas catridenya langsung simak caranya letakkan bak catride yang telah terisi busa pada masing-masing tempatnya kedalam printer kemudian isi masing-masing tinta pada masing-masing busa tadi sesuai warnanya, isikan tinta jangan terlalu penuh isi cukup sampai busa menyerap semua tinta dan tidak melebihi bagian atas busa.



13.pasang tutup bagian atas catridenya kemudian jepit catridenya (jangan takut tinta akan tumpah karena tutup catride tidak terpasang sempurna pada bagian belakang) hidupkan printer sambungkan ke pc/leptop. Cleaning pertama kali kemudian cetak pola pemeriksaannya (jika masih bergaris cleaning lagi sampai 4 kali jika hasil ke 3 dan ke 4 masih bergaris dan letak garisnya di tempat yang sama, itu karena bagian dalam printernya kemasukkan debu kecil tapi tidak usah kawatir hanya debu kecil biasssa.



14.jangan nangis kalo printernya masih bergaris, coba setting printer untuk cetak foto di canon my print> printer setting> pengesettan cepat pilih pencetakan foto>kualitas cetak   pilih tinggi> kertas foto pilih yang paling bagus kaya glossy atau pro platinum> ukuran kertas a4 simpan atau oke kemudian tes print deh jika hasilnya sempurna pada print foto dan sedikit bergaris pada print kertas biasa itu karena bagaian dalam printer bro sist kemasukan debu kecil sehingga pewarnnaanya tidak sempurna merata sedangkan pada print foto catride bekerja tinggkat tinggi dan debu pun kena libas catridenya pada saat pencettakan hehehe.



Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi bro dan sist sekalian dan jika ada masalah atau pertanyaan yang ingin dipertanyaakan silahkan tinggalkan comment dan jangan lupa ikuti blog saya yang sederhana ini ya



Wassalallamualikum wr.wb










Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. terimakasih,,, saya akan coba cara ini,,, saya mau minta catridj kawan2 saya yang gak di pake karena katanya sudah rusak ato cuma sekedar habis tinta dan malas untuk isi ulang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masbro semogaa membantu dan berhasil

      Delete
  3. sebelum membaca artikel anda,saya sudah melakukan hal extrim itu,bahkan bak catridg saya rendam semalaman pakai air pembersih kaca yang paling bagus. tapi setelah saya pasang kembali hasilnya tetap aja bergaris, setingan sudah saya ganti berkali2,saya jadi bingung gimana caranya.......mohon infonya guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masbro aman panggil ane masbro aja biar lebih akrab sebelumnya saya minta maaf karena saya baru bisa bales komentarnya karena maklum saya sibuk dengan studi sya. saran saya coba di cek kembali catrid nya apakah masih mulus atau udah pernah kena strect bagian bawah kuningannya yg mengeluarkan tinta, klo itu terjadi kemungkinan hasil print tidak normal, cek kembali bagian dalam printer mungkin saja berdebu sehingga pada saat print out ada debu yg menempel dan jatuh pada bagian catrid sehingga saat nge print terjadi strect /bergaris

      Delete
  4. Salam.
    Mas aku punya printer canon ip 2770,
    normalnya kalo di test print, muncul 4 warna dengan kode BK, CC
    MM YY.
    nah skr ada masalah di kartrd warnanya, kalo di test print bagian
    YY yang muncul cuma yeloow yang tipis, sedangkan yellow yang
    tebal lenyap.
    begitu juga kalo ngeprint gambar, kehilangan warna yellow.
    padahal kartrid bagian Yellow masih full.
    kartrid ku ini sudah kondisi refill.
    knp ya Guru, apa printerku error , atau kartridnya ? atau gimana ?
    makasi Guru sebelumx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masbro johan maaf baru bisa bales koment nya, coba setting nya di utak atik, mungkin ada yg ke ubah harusnya yellow yg tebal ikut ke pritn klo yg keluar yellow yg tipis berarti ada troble, mksdx reffil itu yg pake infus ya?

      Delete
    2. Met pagi mas,
      Kejadian ini udah 2 x terulang, aku ganti kartrid baru semula normal, kemudian di refill bbrp kali kumat lagi.
      pernah aku coba krtrid teman dengan type yang sama, juga normal.
      Aku jadi bingung, kalo dibelikan yang baru pasti normal, jangan2 di refill kumat lagi.
      Dimana nih trobelnya mas ?
      skr tambah parah, semua warna tebal lenyap, tinggal warna tipis.
      Kalo buat ngeprint, gak keluar wrna samasekali.
      Printernya apa kartridnya ?
      Terimakasih

      Delete
    3. pagi masbro johan
      berarrti troble ada pada catridex bisa jadi catridex kalo di refil akan bermaslah,karena tinta tidak sepenugx terisi seperti ada udara atau gelembung udara sehingga pada saat ngeprint sesuatu yg tebal yg keluar hnya tinta tipisnya saran saya coba catride jangan di refil ulang.gunakan secara normal tanpa infusnya.

      Delete
  5. tinta dengan sistem infus apa bisa merusak catrid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ngerusak tapi tidak optimal dalam penggunaannya

      Delete
  6. saya melakukan print selembar surat,tapi tdak ada hasil print. yang keluar haya kertas tanpa ada tulisan,knp dan bagai mana cara memperbaikinya pada printer canon ip 2770. terimakasih

    ReplyDelete
  7. selamat pagi mas juliadi maaf saya baru buka email, itu kemungkinan catridec kering karena kehabisan tinta coba di cek lagi bagian head dengan menggunakan tissue jika ketika di usapkan dengan tissue tak ada warna yg menempel maka dapat di pastikan tintanya kering. terima kasih

    ReplyDelete
  8. Masbro selamat pagi. Saya sudah isi tinta penuh lalu waktu pembersihan dan lihat hasilnya untuk warna bagus tapi untuk warna hitam tidak tercetak sempurna udah di coba pembersihan hampir 20x tapi tidak membaik malah jadi semakin tidak beres warna hitamnya, gimana ya solusinya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Waduh masbro telat bales commentan nya maaf ya maklumm sibuk kuliah hehehe, udah di cek di bagian head catridex blm? coba cek dulu pake tissue di usapkan klo hasilnya gak rata berarti ada penyumbatan di head catride, solusinya ada 2 mau di bongkar catridex trus di cuci+ d rendam di air hangat solusi ke 2 beli catride baru yg hargax kaya beli printer baru hehehe silahkan di cek dulu masbro nanti tnyakan lagi klo ada troble thanks udah mampir di blog ane n semoga membantu

    ReplyDelete
  10. masbro mau tanya kenapa tinta printer aku yg warna hitam gk bisa tercetak ya, padahal sudah di isi, dan utk yang warna bisa digunakan.

    ReplyDelete
  11. @anto itu cuman kering d head catridenya bro, mungkin sempet kehabisan tinta ya, solusi saya coba rendam catride seperti artikel yg saya tulis diatas ...thanks

    ReplyDelete
  12. mas bro..
    catridge saya baru beli tapi hasilny masih tetap sama bergaris..
    minta solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di coba dengan printer lain yg catridenya sama jika hasilnya tetap bergaris berarti catride barunya cacat, tpi klo di coba di printer lain hasilnya normal maka yg bermasalah adalah printernya kemungkinan terkena debu, lakukan pembersihan secara mendalam pada setting printer mas bro, jika masih tetap bergaris berarti perlu dilakukan service secara besar2 an, tpi jika dirasa ongkos service separo dari harga printer baru sebaiknya mas bro beli yang baru saja, karna service saja biasanya tak menjamin sebuah barang dpt berfungsi secara normal lagi seperti sediakala seperti itu, semoga jawaban dari saya memuaskan terima kasih

      Delete
  13. mas puput, ane mau tanya.gimana cara menghilangkan tulisan yang putus2. padahal ane sdh bberapa kali mencoba menyetingnya dari maintenance cleaning sampai deep cleaning..krn ada disitu simbol garis putus2 di gambar cleaning.ttapi hasilnya nihil..mohon infonya..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek kembali apakah printer anda berdebu pada bbagian dalam, sepertinya banyak debu di bagian dalam printer, bisa juga di kerta terdapat debu yang menempel sehingga tulisan menjadi putus-putus, jika tidak printer kondisinya oke berarrti catride bisa jadi telah rusak pada bagian headnya seperti itu.

      Delete
  14. mas bro catridge 810/black head diusap dengan tisue keluar tinta tapi kalau buat ngeprint gak keluar tintanya,solusinya mas bro.....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba untuk dilakukan pembersihan secara mendalam, jika hasilnya sama saja sepertinya terjadi penyumbatan pada head catride agan:)

      Delete
  15. Klo maintenense d windws 8 ada d bagian mn ..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya Maintenanse bagaimana ya? mohon lebih jelas gan terima kasih

      Delete
  16. itu hanya teori BODOH seperti yang membuat blog ini.... BAJINGAN.... jangan ditiru........ kenyataan malah tambah rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asstafirullahhalazim...saya tidak bermaksud seperti itu, saya berbicara berdasarkan pengalaman saya yang saya tulis melalui media blog ini, saya menuliskan semua ini karena saya tau ilmu akan lebih bermanfaat sekali apabila di berikan kepada orang lain.

      Delete
  17. printer saya bergaris untuk melakukan pencetakan tapi setelah saya mengganti catridge baru hasilnya tetap saja bergaris solusinya bagaimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek kembali apakah printer bagian dalam sangat berdebu, jika di ganti dengan katride baru masih saja bergaris berarrti terdapat debu, debu bisa saja terdapat di kertas maupun di bagian dalam printer, kemungkinan kedua katride yang di beli tidak baru alias katride rekondisi yang dijual dengan harga murah seperti itu

      Delete
  18. assalamualaikum mas gan...saya punya print epson TX121 seris...awalnya bergaris kemuadian saya biarkan selama 1 bulan kok jadi tinta sama pepernya gak detek di print...minta solusinya mas gan trimakasih Assalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek lagi bagian katride nya sepertinya tersumbat, dan coba di instal ulang driver printernya. semoga membantu

      Delete
  19. masalah saya broo, warna merah tidak bisa tercetak padahal saat dipakekan tisu keluar, tapi saat print hasilnya nihil khusus warna merah, terakhir saya pake bagus, tapi setelah saya diamkan print selama 3 minggu, begini hasilnya merah tidak mau keluar dan yang lainya normal aja.. mohon penceerahnnya masbrooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba keringkan catride dari tinta yang terisi, kemudian rendam catride dengan air hangat, rendam catride sepert emapat dari badan ctride kemudian di bilas sampai tinta benar-benar habis dan isi kembali dengan tinta, kemudian lakukan pembersihan secara mendalam lalu coba di print pada selembar kertas jika hasil masih tetap saja lakukan pembersihan secara terus-menerus sampai tinta merah kembali normal.

      Delete
  20. biasanya jelek itu karena jarang di pakai

    ReplyDelete
  21. biasanya terjADI KEKERINGAN PADA JALUR TINTA

    ReplyDelete
  22. sebaiknya pakailah sekali dalam sehari

    ReplyDelete
  23. Terima kasih pak puput. Bagi saya sangat bermanfaat meskipun belum mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali pak maisya ocom salaam hangat

      Delete

Post a Comment