Wednesday, January 30, 2013

Cara Mengganti Capacitor Pompa Air


Halo teman-teman semua udah lama saya gak posting tulisan di blog saya nih,kali ini saya mau posting tentang cara mengetahui kerusakan pada capacitor mesin pompa air seperti nasional 125,nasional 200,national,rasional,dmy,shimizu dll langsung aja ya menuju tkp gan...

1.Langkah awal yang harus dilakukan adalah cek dulu bagian mesin jika lilitan bagian dalam terbakar maka tidak bisa digunakkan lagi otomatis anda juga tidak dapat mengganti capacitor mesin kenapa? Karena lilitanx terbakar dan tidak ada arus listrik yang dapat memutarkan as pemutarnya.

2.Jika tidak ada kerusakan pada lilitan anda langsung buka bagian atas penutup pompa yang berbentuk segi empat(kotak).

3.Anda cek capacitornya jika capacitornya bengkak,retak,atau leleh maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru,karena itu lah yang menyebabkan pompa air anda tidak dapat hidup atau hidup dengan kondisi yang lemah putaranya.

4.Ketika anda membeli capacitor usahakan bawa  capacitor yang rusak tadi sebagai contoh,dan sama kan besaran micro nya jangan sampai kebesaran atau kekecilan karena sangat berpengaruh sekali pada putaran pompa.

5.Gunakan solder untuk merekatkkan kabel antara capacitor dengan kabel mesin pompa air,dengan bantuan timah supaya arus listrik dapat masuk dengan lancar tanpa adanya hambatan yang merugiikan setelah selesai di solder usahakan bekas solderan tadi di bungkus dengan plastik atau isolasi agar tidak terkena air,karena jika terkena air maka dapat menyebabkan kontak body,anda bisa saja kesetrum pada saat mencoba pompa air ketika basah.

6.Tutup kembali bagian penutup capacitor tadi dengan baik dan benar dan rutin lah merwat pompa karena kalo pompa air macet anda bisa gak mandi lo hehehe....
Sekian tulisan dari saya semoga ilmu yang saya tulis di blog ini bermanfaat bagi anda yang membaca dan jika anda mengalami masalah jangan malu2 tanyakan ke saya aja saya akan mencoba membantu anda atau kalo anda mau tanya langsung aja anda menuju facebook saya:puput siianagGhembell,saya selalu ada untuk yang ingin tanya-tanya saya tunggu atau kalo ingin langsung koment juga bisa terima kasih ya n salam kenal...

No comments:

Post a Comment