WINDOWS 7



WINDOWS 7

Windows 7 adalah sistem operasi terbaru keluaran Micosoft. Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 jauh lebih ringan loadingnya tetapi vitur yang ditawarkan jauh lebih banyak. Dengan berbagai penyempurnaan disana-sini windows 7 tampil elegant dan banyak diminati para user. Menutur penuturan Wikipedia disebutkan bahwa Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan tiga lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. Dengan kata lain, windows 7 hadir dengan berbagai kelebihannya yang tidak dimiliki oleh windows-windows sebelumnya.
Berikut ini merupakan beberapa keunggulan windows 7 yang tidak dimiliki oleh windows-windows sebelumnya, yaitu :
• Mempercepat Pencarian File
Dalam windows 7, pencarian file sangat cepat dan mudah. Hanya dengan mengetik nama file/program yang hendak dicari di dalam kotak pencarian pada start menu.
• Mudah melihat windows/jemdela yang sedang terbuka
Terkadang banyak program/file document yang dibuka membuat kita bingung untuk melihat isi dari file tersebut. Namun, dengan Windows 7 dapat membantu kita dengan mudah untuk menengok/mengintip dari taskbar. Hanya dengan melayang-layankan kursor di atas ikon dari jendela yang terbuka, maka akan terlihat nama ikon dan program tersebut. Jika ingin melihat keseluruhan layar, maka layangkan lagi di atas preview dan klik untuk menghubungkannya dengan jendela yang ingin kita lihat.
• Mengintip Diam-Diam Desktop “Peeking”
Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat isi dalam desktop kita. Namun dengan fitur Aero Peek membantu kita mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik lagi untuk menampilkan kembali.
• Mencari Apa yang Diinginkan Dengan Sangat Mudah
Jump List pada Windows 7 membantu kita mencari file, lagu, gambar, atau dokumen lainnya dalam desktop secara cepat. Hal ini mengurangi waktu kita yang terbuang dalam menemukan dokumen yang kemarin dioperasikan. Fitur ini ada pada menu start dan taskbar. Hanya dengan sekali klik, kita dapat melihat website yang sering digunakan pada internet explorer 8. Kemudian kita dapat menarik dan membuang sebuah file dari Jump List.
Membandingkan dua Jendela Satu Sama Lain
Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan dua dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertikal, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertikal penuh.
• Satu Klik Dapat Semua
Dengan fitur pin, kita dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Program kita akan jadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar. Dengan begitu, kita dapat membuka pin dengan program lain pada saatnya.
• Mudah menambahkan perangkat nirkabel (tanpa kabel)
Dengan Windows 7 menambahkan perangkat nirkabel jauh lebih mudah. Kemudahan ini akan anda rasakan ketika kita hendak menambahkan perangkat nirkabel seperti jaringan printer dan digital media player. Kita cukup menjalankan proses wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada perangkat nirkabel yang anda miliki.
• Berselancar di Internet dengan Cepat, Aman dan Mudah
Internet Explorer 8 membuat penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah. Melalui web slices, kita dapat melacak jejak informasi secara khusus. Dengan kontak instant search di internet explorer, hasilnya dapat diikuti secara real time. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan the SmartScreen, yaitu filter yang melindungi anda dari spam, virus dan lainnya. Sedangkan InPrivate membantu privasi kita menjelajahi dunia maya setelah menutup browser.
• Flexible dalam personalisasi computer
Windows 7 memberikan banyak kemudahan dan pilihan dalam personalisasi komputer. Caranya dengan mengklik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih salah satu dari banyak tema yang menarik. Kita juga bisa mengganti secara otomatis background desktop komputer kita (slide show). Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop.
• Menata area desktop yang berantakan
Dengan system tray, memungkinkan pengguna alat-alat untuk menata area desktop yang sering berantakan. Pengguna dapat memiliki ikon apa saja yang ditampilkan di System Tray, mengubah posisi ikon dan apakah mereka diperbolehkan menarik perhatian pengguna dengan notifikasi.

• Pengaturan Jendela Otomatis
Memudahkan kita menyusun dua jendela secara berdampingan, seperti browser atau document Word sehingga kita dengan mudah bisa bekerja pada kedua jendela sekaligus.
• Windows Touch
Fitur ini tersedia pada computer layar sentuh. Gambar dapat diperbesar dengan menempatkan kedua jari dan menariknya ke arah yang lebih jauh. Dengan ikon yang lebih besar pada menu Start, Windows Taskbar dan Windows Explorer layar sentuh bekerja dengan mudah untuk memilih dengan jari. Demikian juga browsing Internet dengan Internet Explorer 8, jauh lebih mudah. Hanya dengan menggunakan jari untuk menurunkan halaman pada halaman web dan mencari link favorit.
• Mencari Semua Tempat Sekaligus
Dengan fitur “Search Federation” pada windows 7 ini, memungkinkan kita untuk mengikutkan berbagai komputer, media penyimpanan jaringan dan situs ke dalam pencarian Windows 7.
• Device Stage
Fitur ini mengumpulkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral di satu tempat untuk memudahkan pengguna seperti konfigurasi, fitur, dokumentasi bahkan layanan pembelian tinta printer dan lain-lain.
• Fastern on, Fastern off
Pengguna Windows 7 akan memperoleh manfaat dari peningkatan kinerja waktu memulai (start-up), resume dan menutup matikan (shut dows) PC yang lebih cepat dan peningkatan power management.
• HomeGroups
Fitur ini bertujuan untuk memudahkan beberapa komputer satu jaringan untuk saling berbagi file dan peripheral — seolah-olah semua itu terletak pada satu PC yang sama. Walaupun fitur-fitur Windows Networking sejak dulu selalu bertujuan sama, pada kenyataannya konfigurasi untuk menggunakan printer jaringan masih tetap terlalu sulit untuk sebagian besar pengguna.
• Windows Search
Fitur ini merupakan fitur instan untuk mengidentifikasi lokasi dan membuka file apa pun pada personal komputer dari menu Start dengan mengetik satu atau dua kalimat. Sistem ini juga memiliki fitur Visual Search untuk meningkatkan hasil pencarian gambar atau preview.



• Web Slice
Merupakan fitur terbaru yang dapat digunakan pengguna untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah website menjadi thumbnail kecil yang ditempatkan pada toolbar Internet Explorer 8. Ini juga bisa dilakukan untuk referensi yang mudah dan cepat, seperti kurs mata uang, cuaca, dan lelang.
Parental Control
Fitur ini membatu pengaturan waktu yang spesifik. Selain itu, fitur ini dapat menentukan program, website, dan game yang diperbolehkan untuk diakses anak-anak.
• Location Aware Printing
Fitur ini sangat berguna terutama bila kita sering menggunakan laptop secara berpindah-pindah tempat, misalnya di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, maka windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan. Sehingga pada saat kita berada di rumah secara otomatis windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.
• Mampu melakukan streaming media digital antar computer
Windows 7 mampu melakukan streaming baik video, musik, gambar atau media digital lainnya. Streaming ini tidak hanya bisa di akses dari komputer saja tetapi juga dapat di akses dari sebuah game console seperti Play Station dan XBOX.
• Libraries
Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC Anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan manajemen media. Sebagai contoh, semua foto dari semua PC dan jaringan akan dikumpulkan di sebuah library foto yang dapat diakses di satu tempat seperti gambar di bawah ini.
• Calculator
Pada windows sebelumnya, kalkulator hanya memiliki dua mode saja, yakni standard dan scientific. Sedangkan pada Windows 7 memberi tambahan dua mode lagi, yaitu programmer dan statistics. Bahkan disediakan template untuk melakukan perhitungan konsumsi bahan bakar, dan pinjaman.
• Interface Ribbon
Bagi yang sudah menggunakan Office 2007, tentu tidak asing dengan fasilitas ribbon. Karena di windows 7, ribbon juga dihadirkan pada kedua aplikasi standar, yaitu Paint dan Wordpad. Khusus untuk Wordpad, sekilas tampilannya mirip sekali dengan Word 2007. Namun sangat berbeda sekali dengan wordpad versi-versi sebelumnya.



• Koneksi Wireless yang lebih mudah
Koneksi wireless di windows 7 cukup dilakukan dengan sekali klik saja, karena tersedianya icon koneksi yang simpel dan efektif.
Dengan demikian, banyaknya manfaat dan keunggulan dari windows 7 yang bisa kita gunakan. Penambahan fitur-fitur baru yang lebih baik dibandingkan dengan windows-windows sebelumnya, membuat windows 7 layak untuk digunakan.

Comments