Komponen Utama SO dan Tujuan Mempelajari SO



Komponen Utama Sistem Operasi
       Kernel merupakan suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali.
       File disini merupakan file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini juga berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem operasi.
       User interface Sebuah sistem operasi memiliki karakteristik (bentuk) interface (tampilan) yang menjadi interaksi antar user dengan komputer. Bentuk umum user interface yang ada, adalah:
 
       Command Line Interface atau command line interpreter (CLI), CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan backgroud satu warna dan tampilan teks yang juga satu atau beberapa warna dasar.
 
       Graphical User Interface (GUI), GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter yang dimiliki komputer.
 
Tujuan Mempelajari Sistem Operasi
       Tujuan mempelajari sistem operasi adalah agar user dapat merancang sendiri dan memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan. Untuk dapat memilih sistem operasi yang sesuai, serta mampu memaksimalkan penggunaan sistem operasi, dan agar konsep serta teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain, maka pengetahuan mengenai system operasi sangat diperlukan.

       Tujuan mempelajari sistem operasi
1).Diharapkan dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada  sesuai dengan  kebutuhan kita.
2).Dapat memilih alternatif sistem operasi.
3).Memaksimalkan penggunaan sistem operasi.
4).konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada  aplikasi-aplikasi lain.

semoga bermanfaat ya

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tiba-Tiba Mati

Daftar LOG