Baris dan Deret Aritmatika



Baris dan Deret Aritmatika
Wah matematika lagi  nih ya gan,emang matematika ni gak ada habisnya,karena saya orang TI jadi saya tidak bisa menghindar dari yang namanya matematika(diskrit) padahal saya kurang suka yang namanya matematika karena ribet harus menghitung melulu iye juga kalo itunganya bener kalo kaga gimana huahaahaha langsung aja nie ya gan saya share

Baris dan Deret Arimatika
Jika suku-sukunya ditentukkan dengan cara menambahkan dengan bilangan tertentu biasa disebut beda(selisih dari antara suku sama). a,+a+a,a+2d,a+...............+a+(n-1)d
Ket.
a=suku awal          d=beda
n=banyak suku    Un=suku ke+n
Deret Aritmatika Penjumlahan dari Suku-suku Aritmatika

Contoh:
Sn:n/2 (2a+(n-1)d)
1.Tentukan rumusan dari deret barisan berikut 3,6,9,12 jika dik:
d=3 dan a=3
Jawab:
Un=a+(n-1)d
Un=3+(n-1)3
Un=3+3n-3
Un=3n

2.Barisan Dari 200,175,150 tentukan rumusan suku ke-n
Jawab:
Un=a+(n-1)d
Un=200+(n-1)-25
     =200-25n+25
Un=-25n+225

Semoga bermanfaat ya ilmu loh.hehehe
Wassalamualaikum wr.wb

Comments

  1. Mas mau tanya ?
    Saya baru belajar diskrit yang dimaksud suku awal dan suku kini dan suku baru = suku awal + suku kini .
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Post a Comment