Pengertian Struktur Data

 Struktur Data

     Struktur dapat diartikan sebagai suatu susunan, bentuk pola atau bangunan. Rangkaian kata yang mengandung kata struktur yang sering kita dengar seperti struktur organisasi, struktur jaringan, struktur kimia, cara kerja yang terstruktur dan sebagainya. Kata data diambil dari bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani yaitu datum yang berarti fakta. Makna kata data bagi manusia adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh indera manusia. Bagi komputer, data adalah segala sesuatu yang bisa dikodekan atau disimbolkan atau dilambangkan dengan kode-kode, simbol-simbol atau lambang-lambang yang telah disediakan di setiap komputer. Struktur data merupakan suatu cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.

Jika kata struktur dan data  disatukan akan bermakna suatu susunan simbol-simbol yang diorganisasikan dan dioperasikan sesuai dengan definisi yang diberikan terhadapnya di komputer. Jika dikaitkan dengan mata kuliah struktur data, pada dasarnya struktur data merupakan metode yang digunakan untuk mempelajari bagaimana data disusun di memori utama komputer agar penggunaan space di memori dapat dilakukan secara optimal, cepat dalam pencarian dan pengambilannya kembali (retrieving) dan dapat diolah sesuai tujuan kita. Sehingga mempelajari struktur data erat kaitannya dengan membuat suatu algoritma (rangkaian pemikiran logis untuk menyelesaikan masalah).Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti pengaturan dan penyusunan dari tata letak kolom-kolom data, baik kolom data yang tampak oleh pengguna program maupun tata letak kolom pada memori yang tidak tampak oleh pengguna, yang tidak tampak ini hanya digunakan untuk kepentingan proses dalam program saja. 

Struktur data digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan memori pada saat program komputer sedang bekerja. Penggunaan struktur data yang tepat pada pemograman dapat membuat algoritma menjadi lebih mudah, kemudahan ini membuat program lebih efisien dan sederhana. Meningkatkan efisiensi merupakan tujuan utama pengaplikasian struktur data. Dengan struktur data, proses reservasi memori yang tidak perlu akan diminimalisasi. Selain itu struktur data juga menjamin kemudahan pemahaman algoritma, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan seperti perkalian matriks, visualisasi matriks dan tabel, akan menjadi lebih mudah dipahami.

Dan sejumlah operasi dasar yang bekerja pada data tersebut menurut suatu algoritma tertentu.
Struktur data, meliputi :
  • Struktur data sederhana, misalnya array dan record.
  • Struktur data majemuk, yang terdiri dari:
Linier         : Stack, Queue, sertaList dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph

Pemakaian struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.

Struktur data yang standar yang biasanya digunakan di bidang informatika adalah:
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tiba-Tiba Mati

Daftar LOG